Sabtu, 21 April 2012

Letak Janin dalam Kehamilan

Letak Janin pada Kehamilan

Kehamilan merupakan satu hal yang paling dinanti oleh pasangan muda, utamanya mereka yang telah lama menikah namun belum memiliki momongan. Tidak heran banyak sekali pasangan muda yang sangat peduli dengan kehamilannya dan rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan agar kehamilannya dapat berjalan dengan sehat dan bayi/janin tumbuh dengan sempurna dengan usia kehamilan yang cukup sebelum dilahirkan.

Namun demikian di dalam perjalannya ibu hamil perlu tahu bahwa posisi janin di dalam rahim memang berubah-ubah. Karena hal inilah ibu perlu mengetahui posisi janin sebelum proses melahirkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Perubahan posisi janin ini disebabkan karena selama berada di dalam rahim, janin melakukan banyak sekali pergerakan sesuai dengan perkembangan/pertumbuhan janin dari bulan demi bulan. Tubuhnya yang masih sangat kecil dan ruang di dalam rahim yang sangat luas memungkinkan si kecil untuk berputar-putar dalam janin.

Letak Janin Dalam Rahim

Letak janin adalah istilah umum yang sering digunakan untuk menggambarkan sumbu tubuh janin terhadap sumbu tubuh Anda, ibunya. Secara umum letak janin dalam rahim dapat dibedakan menjadi tiga hal yaitu letak janin memanjang, letak janin melintang dan letak janin miring.

Letak Janin Memanjang

Sesuai dengan namanya pada letak janin memanjang, sumbu tubuh bayi sejajar dengan sumbu tubuh ibu hamil. Pada posisi ini bisa didapat variasi posisi dimana kepala berada di bagian bawah rongga rahim ( janin letak memanjang presentasi kepala). Inilah letak janin yang diharapkan, karena akan memudahkan proses persalinan alami melalui jalan lahir. Karena, ketika persalinan berlangsung, kepala si kecil akan terdorong ke arah pintu jalan lahir. Bila kepalanya sudah berhasil keluar, maka seluruh bagian tubuh jadi mudah dikeluarkan.

Variasi yang lain dari letak janin memanjang adalah kepala berada di bagian atas rongga rahim (janin letak memanjang presentasi sungsang). Letaknya bisa bervariasi. Ada yang bokong saja di bagian bawah rahim, dan ada pula yang kaki lebih dulu.

Letak Janin lintang

Sesuai dengan namanya pada letak janin melintang, sumbu tubuh bayi melintang terhadap sumbu tubuh ibu hamil. Biasanya letak janin melintang terjadi dengan posisi kepala pada sisi yang satu dan bokong pada sisi lain.

Letak Letak miring/serong

Pada posisi ini bayi terletak dengan sumbu miring, tidak melingtang dan tidak memanjang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar